Tips & Trik setelah format Komputer (khusus pemula)


Mungkin di artikel2 yang lain pasti sudah sering kita menjumpai langkah-langkah dalam memformat komputer. Akan tetapi setelahnya hal apakah yang harus kita lakukan untuk langkah pertama kali agar alasan kita memformat komputer tidak terjadi lagi. Untuk alasan format itu sendiri kebanyakan adalah untuk menghilangkan virus, sebab langkah inilah yang paling manjur. Untuk pemula saya sarankan jangan memformat sendiri komputernya akan tetapi percayakan kepada teman yang ahli atau anda juga bisa datang ke saya.. hehehe…. dr. Alam, Sp.L.

Berikut tips yang dapat saya berikan, tapi kalau kurang lengkap maka silahkan anda comment:

  1. Setelah proses Format selesai silahkan anda booting computer lalu silahkan anda mengubah first boot ke Harddisk yang diinginkan (langkah ini bisa anda tunda dulu jika anda sebagai pemula merasa kesulitan).
  2. Setelah masuk windows, masukkan CD driver motherboard dan install seluruhnya tanpa tersisa (akan tetapi jika CDnya hilang atau tidak ada maka silahkan anda download di Internet).
  3. Setelah proses selesai maka anda restart dan setelah masuk windows maka colokkan Flashdisk yang berisi Anti Virus yang anda percaya beserta Up Datenya dan anda install di computer anda. Ingat bahwa flashdisk anda tersebut pastikan bebas dari virus.
  4. Setelah proses install anti virus selesai maka anda scan computer anda dengan merata tanpa ada bagian yang tersisa.
  5. Dari proses pertama sampai ke 4 di atas pastikan anda jangan sekali-kali meng-explore/membuka Drive D: atau Drive E: dst selain Drive C: Hal ini ini bertujuan agar virus yang berada di Drive lainnya tidak kembali menyebar.. (PASTIKAN).
  6. Langkah berikutnya yang tidak kalah penting adalah klik “Start” dan anda klik kanan pada bagian “My Document” trus anda klik “Properties”. Disitu akan muncul kolom “Properties” lalu anda pilih “Move” trus anda buat folder kosong di Drive selain di Drive C: atau anda langsung bisa move ke Drive D: trus jangan lupa anda klik “OK”.
  7. Langkah berikutnya adalah membuat “System Restore” dengan langkah: klik Start > All Programs > Accessories > System tools > System Restore > create a restore point > next > Lalu anda isi (terserah) > create > close.
  8. Setelah selesai maka silahkan anda menginstal program-program yang anda inginkan.
  9. Dan untuk menindak lanjuti atau mencegah jika CD Drivernya hilang maka saya sarankan anda copy dan paste di Drive D:
  10. Ingat…. Usahakan Drive C: jangan untuk menyimpan File

Untuk point no 6 tolong jangan sampai lupa sebab jujur kebanyakan orang tidak tahu akan betapa bermanfaatnya point tsb. Sebab saat kita dengan sengaja ataupun tidak sengaja menyimpan file di My Document maka dengan sendirinya akan menyimpan Di Drive C: yang notabenenya Drive C: tersebut tidak boleh untuk menyimpan File. Saya dulu pernah waktu servis laptop teman di tempat garansinya.. mbak operatornya Tanya: “Maaf mas… filenya sudah diamankan sebab kita tidak menanggung jika filenya ada yang hilang”. Terus aku Tanya temanku: “sudah belum?? Trs temanku jawab: “udah kok.. semua sudah aku taruh di Drive D: “. aku Tanya lagi ke temanku:”kalau my documentnya sudah di move belum??” Temanku bingung dan dia bilang nggak ngerti yang gituan. Ya udah berhubung komputernya nggak bisa nyala dan aku males utak-atik tuk mindahin file di my documentnya ya udah aku biarin saja.. dan akhirnya file di my documennyapun hilang. Coba kalau dia udah baca postinganku ini dan mencobanya mungkin kejadian kayak gini nggak akan terjadi. Sekarang coba anda check ke laptop anda. Sudah di Move belum????

Sekian teman2… semoga banyak membantu dan tulisan ini asli dari ide saya tanpa menjiplak karangan orang lain.

Alamsyah ^O^

Iklan

8 responses to this post.

  1. mas bro tuker link yok om Info teknologi

    Balas

  2. Posted by jatim on 20 September 2010 at 12:38 pm

    Wah baru blajar komputer mumet aku..?!..

    Balas

  3. Trims mas,berguna banget untuk pemula spt saya;)

    Balas

  4. terima kasih atas informasinya…saya akan mencoba tutorial anda

    Balas

  5. makasih juga gan :p
    salam kenal

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: