Compress file lampiran email tanpa “rar”


Pagi teman – teman…….

Sekedar sharing aja, kemaren kebetulan ada teman maen ke wownet. Kebetulan disana pas ada aku, seperti biasalah saling menyapapun terjadi. Hai… bunga (maaf nama saya samarkan), lagi ngapain? Trus dianya jawab: “Hai alam, ini lho lagi kirim email tuk lamaran pekerjaan tapi kok lama ya!!!” Oh iya, kebetulan dia kemaren barusan wisuda makanya dia akhir-akhir ini sering kirim email lamaran perkerjaan. Terus disitu aku heran, perasaan aku tadi main internet koneksinya lumayan cepet. Aku check ke operatornya juga gak ada apa-apa alias normal aja. Tapi tidak berselang lama kemudian, bungapun manggil aku untuk bantuin dia kirim email.

Langkah pertama yang aku lakukan adalah mengecek koneksi internet di user tersebut dan ternyata tidak ada masalah. Langkah kedua adalah melihat kapasitas file yang akan dilampirkan pada email tersebut. Nah disinilah hal yang paling aku herankan terjadi, sebab file yang akan di lampirkan cukup lumayan besar padahal filenya cuma “WORD” dan tidak lebih dari 10 halaman. Berhubung penasaran maka file tersebut aku buka, dan ternyata di file tersebut banyak sekali gambar scan ijasah, piagam, sertifkat, dsb. Jujur, untuk ukuran lulusan UNA*R masak belum tahu cara untuk meng-compress lampiran email….

Sebenarnya cara compress ini tidak perlu sampai anda lakukan jika: bandwidth anda cukup besar dan anda tahu cara compress file lewat winrar. Tapi kedua alasan tersebut punya kekurangan sendiri-sendiri. Yaitu jika anda paksakan tetap upload lampiran yang berkapasitas besar maka kemungkinan file tersebut sampai tujuan juga cukup lama mengingat kebanyakan pengguna memiliki akun gratis dari yahoo, gmail, ato yang sejenisnya. Dan jika anda pake winrar, hal yang ditakutkan adalah orang yang anda tuju tersebut ternyata “GAPTEK” jadi saat membuka fila winrar tersebut jadi kesulitan dan anda disuruh untuk mengirimkan lagi file aslinya. Ribet kan!!!!

Berikut cara-cara mudah compress file “WORD” yang akan lampirkan di email:

Buka file “WORD” anda terus “klik kiri” tepat pada salah satu gambar yang ada di dalam file tersebut. Maka akan muncul kotak gambar dibawah ini.

  1. Klik “Format” pada icon “Picture Tool”
  2. Klik “Compress Pictures”
  3. Jangan dicentang
  4. Klik “Options” terus ntar langsung kebuka tool “Compression Settings”
  5. Centang yang paling bawah “Email”
  6. Klik “OK”
  7. Klik “OK” lagi
  8. Klik “Save”

Lalu anda bandingkan file yang hasil compressan pasti sangat jauh bedanya. Selamat mencoba.

Wownet  20 April 2010   (05.52-06.55 am)

Alamsyah ^O^

14 responses to this post.

  1. thanks a lot gan

    Balas

  2. Posted by helmi pebiyaningtyas on 22 September 2012 at 4:37 am

    KO AKU TETEP AJA YAH,,GA BERHASIL..

    Balas

  3. Infonya sangat bermanfaat gan!! thx you soo much akhirnya aku bisa buat file kompress …suksesss gbu

    Balas

  4. Posted by john on 23 Juni 2012 at 4:34 pm

    makasih mas broww, nice info ….

    Balas

  5. Posted by adyundra on 31 Maret 2012 at 4:28 pm

    mantaph surantaph…
    akhirnya dokument2 ane yg mangkrak karna keberatan file bisa kekirim jg..
    gak nyangka ternyata simpel skali…

    tenkyuuuw

    Balas

  6. siippp

    Balas

  7. Posted by darma on 20 Oktober 2011 at 5:58 am

    makasihh…
    ini sangat membantuku sekali

    Balas

  8. Thank’s infonya mas bro…sangat berguna sekali….

    Balas

  9. Thank’s mas brow…infonya sangat berguna sekali…

    Balas

  10. Posted by nTang on 21 September 2011 at 4:08 am

    makasii bangeeett infonya masbrow,,bnr loh beda jd o bytes gt,,gpp kn itu yaa??

    Balas

  11. Posted by ladies on 14 Juni 2011 at 9:31 am

    tmakasih yaa.. infonya sangat membantu loh 🙂

    Balas

  12. terima kasih ya telah berbagi ilmunya.

    Balas

  13. mau tanya nich. setting email nokia n70. gmana? aku kesulitan kalau upload media harus pke email. misal ke youtube

    Balas

  14. makasihh ya informasinyaaaa…

    Balas

Tinggalkan komentar